Kalah, bukan bahasa jawa



Indonesia,Jawa khusunya merupakan "Mother Home"city untuk seluruh umatnya nabi Ibrahim As. Itu sebabnya jika penduduk dunia di suruh tinggal di bumi nusantara ini mereka akan betah dan merasa tidak asing. Kalaupun ada yang mengklaim bani israel hanya ada di negri arab,itu juga tidak salah karna nenek moyang kita juga menyebar kesana. 
Didalam silsilah itu,bermula nabi Adam yang berputera nabi Syit,kemudian nabi syit menurunkan sang hyang Nur cahaya,yang menurunkan sang hyang nur rasa. Sang Hyang Nur Rasa akhirnya menurunkan sang hyang nur wenang,yang menurunkan sang hyang nur tunggal. Dan sang hyang nur tunggal ahirnya menurunkan Batara Guru,yang menurunkan Batara Brahma. Berdasarkan dari pemahaman naskah-naskah kuno bangsa jawa,Batara Brahma merupakan leluhur dari raja-raja tanah jawa. Dalam bahasa jawi kuno,jawi artinya "moral" atau "akhlaq",maka dalam percakapan sehari-harin apabila orang dikatakan "ora jowo" berarti tidak mempunyai akhlaq dan adab /tatakrama. 
Bahasa jawa sendiri terkenal paling kaya akan bahasa,itulah juga menjadi sebab mempelajari alquran dalam kitab kuning (kumandel kanthi ati kang bening) tidak menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa inggris. Nasi = sekol,sego,upo, Kamu= koe,riko,sliramu,sampean,njenengan,koen dll. Apalagi bahasa yang mengandung konotasi buruk,seperti jangkrik,telek,asem,jaran dan seterusnya sampai dua alenia (jika ditulis) yang semuanya sering di gunakan orang jawa untuk menyalurkan emosi atau keakrabanya. Tapi tahukah jika ada kata yang bukan bersumber dari bahasa jawa,semacam adobsi bahasa yang jarang orang mengetahui asal kata tersebut. 
Kata kalah tidak ada didalam kamus jawa, "ngalah" itu bukan berasal dari kata kalah. Kata depan "nga"itu berarti menuju, ngawini berarti menuju perkawinan (orang yang mau menikahi pasangan). Kalah berasal dari bahasa melayu yang maksutnya "nga"allah/ngallah (menuju allah). Jadi,semoga saat esok kita terdesak oleh sesuatu yang memunculkan ungkapan "aku tak ngalah saja" benar-benar ingat bahwa kukembalikan kepada tuhanku,hamba hanya sak dhermo menjalankan. untuk lebih jelas terkait ulasan di atas,bisa anda kunjungi ini. salam hangat,selamat menyambut gerhana matahari -gerhanaku -gerhanamu Pondok Sufi,08 An-Nida' 03 MHD 


Comments

Popular Posts