6 cara menjaga semangat belajar dan menjadi siswa berprestasi


Semangat belajar sangat wajar jika kadang muncul dan kadang menghilang, karena pada dasarnya, kita hanya bisa mengikhtiari agar semangat belajar tak kan luntur begitu saja tanpa ada alasan apapun (seperti rasa ketidaknyamanan) .
Namun demikian, tetaplah terdapat metode sebagai teori melepaskan kemalasan tersebut dan berikut 6 uraiannya :

Ilustrasi: peserta worksop SMA Pomosda saat mengisi form registrasi(dok.pri)
1. Pede
Pede erat kaitannya dengan psikologis, dimana kita slalu optimis dengan apa yang telah kita ikhtiari. percaya bahwa tidak akan yang tidak mungkin meski gagal memang harus dilalui. Namun demikian, pede yang berlebih menyebabkan seseorang tidak bisa mengukur kemampuan diri.
2. I can
Apa salahnya kita mengatakan "bisa melakukan sesuatu" toh kenyataan kita masih amateur. Contoh kasus, maman bertanya kepada momon " bisakah menjilid makalah yang bagus, tidak miring-miring atau lusuh" . Maman bertanya karna pernah melihat momon menjilid makalah orang lain. Tentu momon jawab bisa, meski momon pernah jilid satu kali yang hasilnya kurang memuaskan. Ini adalah suatu metode, dimana orang lain akan banyak yang melihat kemampuan momon, disisi lain, profesionalisme harus dia bangun karena momon sudah mempunyai komitmen dengan orang lain. Untuk mewujudkan "bisa" tadi tentu kita harus lebih giat belajar dan berhati-hati.

3. Mulai analisis metode anda
Setiap orang mempunyai metode, dalam kehidupan sehari-hari sering disebut prinsip. Prinsip atau metode inilah yang harus kita analisa kembali, seberapa kuat metode kita yang sudah diterapkan, atau mungkn bahkan tidak punya metode, jike belum cobalah mulai dari sekarang untuk membuat prinsip pada diri anda sendiri.
4. Relax
Relax atau tidak menggebu-gebu, sangat dibutuhkan seseorang untuk menjaga agar tidak patah semangat dan berhenti di tengah jalan. Bacalah apa yang anda sukai, ganti yang lain jika bosan dan seterusnya.
5. Gunakan target untuk sedikit memaksa
Terkadang kita perlu memaksa diri untuk terus belajar, malas jika dituruti tidak akan pernah habis. Sama halnya dengan tidur, bedanya tidur ada hari nasionalnya, hari tidur sedunia jatuh pada 13 maret. Jadi, ingat jangan bangun dari tempat tidur saat tanggal 13 maret.
6. Jangan lupakan teman
Membaur dengan teman seprofesi, tanyakan apa yang belum anda ketahui . Intinya, teman adalah media edukasi yang efektif dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Teknik Industri dan Metodenya
                   Ingin rumah sejuk, coba tanam pohon tin

Comments

Popular Posts